UPACARA ZIARAH NASIONAL DALAM RANGKA PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE-75 TAHUN 2020 DI KABUPATEN KOLAKA

Humas dan Protokol: Kolaka- Dalam rangka untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur untuk meraih kemerdekaan, pemerintah daerah Kabupaten Kolaka menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang dirangkaikan dengan Upacara Ziarah Nasional Bertempat di Taman Makam Pahlawan, Selasa (10/11/2020).

Upacara Ziarah Nasional Ini berlangsung pada pukul 09:00 Wita, dengan bertindak selaku Inspektur upacara Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH., MH dan selaku Komandan upacara Pasi Ops Dim 1412 Kolaka. Adapun peserta upacara terdiri dari Kodim 1412, Yonif 725, Polres Kolaka, Pol PP, Pegawai Kecamatan Baula, Pramuka, Tagang serta Fasilitator &TKsk.

Kegiatan upacara tersebut juga turut dihadiri oleh para Asisten I dan III, Pimpinan DPRD Kab. Kolaka, Ketua Pengadilan Negeri yang mewakili, Kapolres Kolaka, Kepala SKPD, Para Legiun Veteran, Camat dan Lurah, Kepala Desa, serta peserta upacara lainnya.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan ziarah penaburan bunga diatas Pusara makam para pahlawan oleh Bupati Kolaka bersama dengan Forkopimda dan Kepala SKPD. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan secara simbolis kepada 6 orang Veteran dan penyerahan KIA kepada masyarakat yang lahir pada tanggal 10 November secara simbolis yang diserahkan langsung oleh Bupati Kolaka. Lanjutnya, Bupati kolaka menyambangi langsung ke rumah anggota veteran yang berada di Kec. Baula yang sedang mengalami sakit sekaligus memberikan santunan.

Pada kesempatan ini Bupati Kolaka menyampaikan, selamat kepada para pahlawan dan Alhamdulillah diantara para pahlawan itu masih ada yang bisa kita ketemu pada hari ini. Kita bisa bersyukur bahwa diantara mereka yang masih ada dan masih aktif. Oleh karena itu, inilah yang harus kita contoh digenerasi muda kita sekarang ini, perjuangan para pahlawan dulu berjuang tanpa pamrih mengorbankan jiwa dan raga dan hanya satu dalam jiwanya yaitu ikhlas untuk kita merdeka. Saat ini kita sudah merdeka dan menikmanti kemerdekaan harusnya kita sebagai generasi muda berikutnya ini harus bisa memotivasi diri Untuj bisa seperti para pahlawan kita.

Bupati Kolaka juga berharap, “kepada kita generasi muda seterusnya mari kita kembali melihat perjalanan sejarah bangsa Indonesia sampai bisa merdeka banyak korban jiwa, raga, harta dan sekarang ini mari kita sama-sama mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya agar Indonesia bisa semakin jaya, semakin baik seperti apa yang diciptakan oleh mereka para pahlawan ketika ingin memerdekaan Indonesia ini”,harapanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *