SOSIALISASI PEMENUHAN HAK DASAR ANAK TENTANG KESEHATAN

Humas dan Protokol: Kolaka- Asisten III bidang Administrasi Umun Setda Kabupaten Kolaka Drs. Wardi, M. Si Membuka Secara Resmi Acara Sosialisasi Pemenuhan Hak Dasar Anak Tentang Kesehatan di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka, Rabu (29/7/2020).

Hadir pada acara sosialisasi ini Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Kolaka Hj. Andi Wahidah, S. Pd., M.M Selaku juga Narasumber pada kegiatan ini , Kadis Kesehatan Drs. Harun Masirri, APT.,M. Kes Selaku Narasumber Ke 2, Ketua Iwapi, seluruh Organisasi Perempuan, Ketua Tim Penggerak PKK Se Kecamatan, serta hadirin tamu undangan lainnya.

Kadis pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kab. Kolaka Hj. Andi Wahidah, S. Pd., M.M menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini adalah untuk mendukung percepatan pencapaian Kabupaten layak anak. Kewajiban negara dalam pemenuhan hak anak itu ada 3 yaitu Kewajiban Negara memenuhi hak anak, Kewajiban meliputi semua anak serta kewajiban pandangan anak. Apabila dipenuhinya hak anak tersebut akan mengakibatkan sebuah perubahan besar pada Negara umumnya dan kepada Kab. Kolaka khususnya. Oleh karena itu, harapan kami dari dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kab. Kolaka kiranya ibu-ibu peserta sosialisasi dapat betul-betul mengikuti dan memahami tentang apa yang akan diberikan pada kegiatan ini, serta dapat
mensosialisasikan kepada anggotanya maupun masyarakat yang ada diwilayah organisasinya.

Hj. Andi Wahidah juga mengatakan, semoga ditahun 2021 yang kita harapkan bersama Kab. Kolaka layak anak dapat kita raih bersama, yang mana tahun 2021 nanti Ini yang menjadi tonggak kita untuk kemudian Kab. Kolaka bisa diberikan anugrah sebagai Kabupaten layak anak. “Insya Allah doa kita bersama menjadi sebuah kekuatan sehingga kita dapat betul-betul bekerja dengan lebih giat dalam memberikan muatan-muatan sosialisasi dan tentunya dengan koordinasi yang intens, sehingga Kabupaten layak
anak Ini dapat tercapai dengan baik”,ungkapnya.

Pada kesempatan ini asisten III bidang administrasi umum setda Kab. Kolaka Drs. Wardi, M. Si selaku yang mewakili bupati kolaka menyampaikan, secara umum anak memiliki 4 hak dasar yaitu hak hidup, hak tumbuh kembang, hak melakukan partisipasi sosial dan hak mendapatkan perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi. Untuk itu anak memerlukan perlindungan agar dapat tumbuh dan berkembang secara primal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak.

Berbagai upaya dilakukan dalam peningkatan kualitas anak Indonesia pada umumnya dan lebih berkualitas lagi di Kab. Kolaka salah satunya adalah melalui kegiatan sosialisasi yang kita laksanakan pada hari ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman tentang penerapan hak-hak anak dalam kebijakan program dan kegiatan.

Masa pandemi covid-19 ini adalah sebagai momentum untuk meningkatkan kepedulian semua pilar bangsa Indonesia, baik orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa dan pemerintah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus pada anak.

Oleh karena itu, Pemerintah Kab. Kolaka berkomitmen untuk dapat memenuhi hak-hak anak melalui Kabupaten layak anak dan untuk mewujudkan komitmen tersebut, saya mengajak kepada seluruh jajaran baik SKPD, pemerintah kecamatan, desa/kelurahan, dunia usaha, masyarakat, organisasi kemasyarakatan serta keluarga untuk dapat bersinergi dalam mewujudkan hal tersebut.

Sumber: Humas protokol kolaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *