SOSIALISASI KONVENSI HAK ANAK (KHA) MENDORONG PEMBENTUKANSEKOLAH RAMAH ANAK

Humas dan Protokol: Kolaka- Dalam rangka upaya mewujudkan Kab. Kolaka sebagai Kabupaten layak anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Kolaka menyelenggarakan kegiatan sosialisasi konvensi hak anak (KHA) dan sosialisasi pemenuhan hak dasar anak tentang kesehatan, Selasa (28/7/2020).

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 28-29 juli 2020 yang bertempat di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka. Pada hari pertama kegiatan sosialisasi konvensi hak Anak (KHA) mendorong pembentukan sekolah ramah anak ini dibuka secara langsung oleh Asisten III bidang Administrasi Umum Setda Kab. Kolaka Drs. Wardi, M. Si.

Turut hadir pada kegiatan ini Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Kolaka Hj. Andi Wahidah, S. Pd., M.M, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kolaka yang mewakili, Kadis Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Provinsi Sultra yang mewakili yang juga selaku Narasumber dalam sosialisasi tersebut, Para Kepala Sekolah Se Kabupaten Kolaka, dan selaku moderator Hj. Sulistiawati Sadji, SP, M. Si.

Pada kesempatan ini asisten III bidang Administrasi Umum Pemda Kab. Kolaka selaku yang mewakili bupati kolaka menyampaikan, konvensi hak anak dan undang-undang perlindungan anak telah menegaskan bahwa anak memiliki sekian banyak hal yang secara umum berada pada 4 hak dasar anak yaitu hak hidup, hak tumbuh kembang, hak melakukan partisipasi sosial dan hak mendapatkan perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

Dalam upaya pemenuhan hak dasar anak secara utuh, banyak hal yang harus kita lakukan dan salah satu yang paling penting dalam pemenuhan hak anak adalah memberikan pendidikan yang baik dan berkualitas.

Sekolah adalah penyelenggara proses pendidikan dan pembelajaran secara sistematis dan berkesinambungan. Sehingga diharapkan para guru disekolah harus mampu memfasilitasi peserta didik, berperilaku terpelajar yang ditampilkan dalam pencapaian prestasi akademik, perilaku yang beretika dan berahlak mulia, kreatif, disiplin dan bertanggung jawab.

Yang mana dimasa pandemi covid-19 ini, membuat sistem pembelajaran telah berubah yang mana anak tetap bisa mendapatkan hak pendidikannya walaupun belajar dirumah. Oleh sebab itu, guru maupun orang tua harus bisa menciptakan suasana yang kondusif bagi anak agar proses pembelajaran dapat tetap berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan. Dan semoga dengan berbagai upaya yang telah dilakukan dapat semakin menjamin terwujudnya pemenuhan hak-hak anak untuk menghasilkan generasi yang berkualitas, menuju Kab. Kolaka layak anak yang Semakin maju, berkeadilan dan sejahtera.

Sumber: Humas protokol kolaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *