SOSIALISASI DAN ADVOKASI PENYAKIT TROPIS YANG TERABAIKAN DALAM MENCAPAI ELIMINASI KUSTA TINGKAT KAB.KOLAKA TAHUN 2019 12/9/2019

Bupati Kolaka membuka dengan resmi sosialisasi dan advokasi penyakit tropis di kantor dinas kesehatan (Dok.humas dan Protokol)

Humas dan Protokol: Kolaka- Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH., MH membuka secara resmi acara sosialisasi dan advokasi penyakit tropis yang terabaikan dalam mencapai eliminasi kusta tingkat kabupaten kolaka tahun 2019, dimana kegiatan ini diselenggarakan oleh dinas kesehatan serta turut dihadiri oleh seluruh camat, kepala puskesmas dan tamu undangan lainnya, Kamis (12/9/2019).

Dalam sambutannya bupati kolaka mengatakan, “di kabupaten kolaka sampai saat ini masih banyak masyarakat yang menderita penyakit kusta.

Oleh karena itu upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah adalah mendukung segala pencapaian target nasional yang telah ditetapkan oleh badan kesehatan dunia (WHO) melalui kementrian kesehatan untuk tercapainya eliminasi kusta pada tahun 2020″, ungkapnya.

Adapun salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencapai eliminasi kusta pada tahun 2020 yaitu dengan kegiatan intensifikasi penemuan kasus kusta dan pemberian obat komoprofilaksis untuk mencegah penularan penyakit kusta secara dini serta juga melakukan kampanye eliminasi penyakit kusta.

Bupati kolaka juga mengharapkan, “melalui sosialisasi ini dapat kita laksanakan program pengendalian dan pemberantasan penyakit kusta secara komprehensif melalui peningkatan cakupan penemuan penderita secara aktif, serta menyebarluaskan informasi melalui penyuluhan penanggulangan penderita kusta secara intensif”, ungkapnya.

Pemda Kolaka berkomitmen untuk selalu mendukung pencegahan dan penanggulangan penyakit menular termasuk penyakit kusta, sebagai wujud kepedulian pemda yaitu dengan menerbitkan peraturan bupati kolaka No. 8 tahun 2019 tentang pencegahan dan pengendalian penyakit kusta, serta penyediaan sarana dan prasaranan kesehatan dan juga dukungan operasional puskesmas harus tetap lebih ditingkatkan lagi.

Sumber : Humpro
Penulis : Sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *