RAPAT PERSIAPAN PELAKSANAAN STQH KE 3 TINGKAT KAB.KOLAKA DIRUANG SMS BERJAYA

Humas dan Protokol: Kolaka- Wakil Bupati Kolaka H. Muh. Jayadin, SE., ME memimpin rapat dalam rangka persiapan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits Nabi (STQH) Ke-3 tingkat Kabupaten Kolaka tahun 2021 di Ruang SMS Berjaya Kantor Bupati Kolaka, Jum’at (29/1/2021).

Pada rapat tersebut, memastikan bahwa STQH tahun 2021 akan tetap digelar secara langsung namun tetap dengan mengikuti prosedur protokol kesehatan (Prokes).

Rapat tersebut turut dihadiri oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Muh. Bakri, SH., MH, Kepala Kementerian Agama
Drs H. Baharuddin, M.Si, Kabag Kesra, Dandim 1412 Kolaka yang mewakili, Kapolres kolaka yang mewakili, serta para Camat Se Kab. Kolaka.

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Kolaka menyampaikan, terkait pembukaan STQH Ke 3 ini dilaksanakan pada tanggal 12 Februari di Masjid Agung Khaerah Ummah Kolaka. Yang mana kegiatan STQH kali ini tidak dilaksanakan secara meriah seperti tahun sebelumnya karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid -19. Sehingga pelaksanaan STQH pada tahun ini tidak ada lagi pawai, karena STQH tahun ini akan dilaksanakan secara terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Wakil Bupati Kolaka juga menekankan agar pelaksanaan STQH ini dapat berjalan dengan baik dan maksimal, tentunya dengan betul-betul memperhatikan prosedur protokol kesehatan. Kami tidak ingin setelah pelaksanaan STQH ini terjadi peningkatan kasus covid, yang mana setelah di cek kasus baru ini yang terlibat dalam pelaksanaan STQH ini. Jadi jangan sampai ada klaster STQH.

Meskipun STQH dilaksanakan secara sederhana, namun tujuan dari pelaksanaan kegiatan religi ini diharapkan tetap tercapai. ” Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa semakin meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Al Qur’an dan semakin ingin menjadikannya sebagai pedoman hidup.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kolaka, Drs H. Baharuddin, M.Si
yang turut hadir dalam rapat tersebut menjelaskan, bahwa STQH kali ini dipusatkan di dua kecamatan yaitu Kolaka dan Latambaga. Adapun lokasi yang bisa dijadikan tempat kegiatan yaitu Gedung Islamic Center, Masjid Agung Khaerah Ummah, dan Masjid Attaqwa.

Terkait lomba yang diadakan pada STQH tahun 2021 ini hanya ada 4 cabang lomba, yaitu Tilawah, Hifzil Qur’an, Tafsir Bahasa Arab, dan cabang Hadits. Adapun lomba tilawah kali ini hanya ada 2 kategori yaitu dewasa dan anak-anak. Jadi tidak ada lagi kategori remaja seperti sebelumnya.

Sedangkan untuk pendaftaran lomba dilaksanakan secara online. Pendaftaran online dibuka pada 1-6 Februari. Setelah itu dilakukan verifikasi pada 7-9 Februari dan 10 Februari dilakukan technical meeting, dan sebelum pembukaan akan diadakan pembagian Al-Qur’an sebanyak 1000 buah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *