RAPAT KOORDINASI DAN EVALUASI GUGUS TUGAS COVID-19

Humas dan Protokol: Kolaka- Pemerintah Kabupaten Kolaka Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kolaka menggelar acara Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak di Aula SMS Berjaya Pemda Kolaka, Kamis (1/4/2021).

Kegiatan rapat koordinasi tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH., MH, dan turut dihadiri oleh Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa, SH., S. IK, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Kolaka Mustajab, SE., M. Si, Asisten III bidang Administrasi Umum Drs. Wardi, M. Si, Manajemen PT. Antam Tbk UBPN Sultra, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Kolaka Hj. Andi Wahidah, S.Pd., MM, Ketua Pengadilan Negeri Kolaka yang mewakili, Kepala OPD Lingkup Pemda Kolaka, Forum Anak, Camat dan Lurah serta peserta rapat lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Kolaka menyampaikan, untuk mewujudkan Kab. Kolaka sebagai kabupaten layak anak maka diperlukan kerjasama dan peran penting dari para Camat, Lurah dan Kepala Desa (Kades). Pemda berharap agar dapat meraih salah satu predikat kabupaten layak anak tahun 2021, kami juga tidak berharap bisa sampai ke kategori Nindya, yang penting setidaknya kita bisa sampai masuk dalam kategori Pramata dengan skor 500.

“Saat ini kita sudah melewati skor 500 tetapi semuanya itu belum terverifikasi. Apabila semuanya sudah diverifikasi nanti oleh tim dan ada data yang tidak lengkap berkasnya mungkin ini bisa saja turun lagi dan tidak mencapai skor 500 sehingga kita tidak bisa mendapatkan predikat kabupaten layak anak.

Olehnya itu diharapkan kepada para Camat, Lurah, dan Kades yang masih belum melengkapi terkait penyusunan berkas yang dibutuhkan dalam program kabupaten layak anak agar segera dilengkapi secepatnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kolaka Hj. Andi Wahidah, S. Pd., MM mengatakan, Kabupaten Layak Anak itu adalah sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus untuk anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan. Dan penghargaan kabupaten layak anak ini sendiri diberikan kepada kabupaten yang telah melaksanakan program tersebut.

“Untuk kategori skor dari kabupaten layak anak itu mempunyai 4 (empat) kategori yaitu PRATAMA dengan skor 500, MADYA 600 skor, NINDYA dengan skor 700, dan UTAMA dengan skor 800. Saat ini Kab. Kolaka sudah mendapatkan skor 591.13, dan masih banyak kecamatan yang belum menyelesaikan berkas yang dibutuhkan terkait program kabupaten layak anak, oleh karena itu diharapkan kepada para Camat, Lurah dan Kades agak secepatnya menuntaskan berkas kelengkapan mengenai program tersebut sesuai dengan target yang telah ditentukan agar dapat mendukung Kab. Kolaka sebagai Kabupaten layak anak”,ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *