PERTEMUAN LINTAS SEKTOR DALAM RANGKA REMBUK STUNTING ( AKSI INTEGRASI 3) PROGRAM PENCEGAHAN DAN PERCEPATAN PENURUNAN PENANGANAN STUNTING TINGKAT KAB.KOLAKA TAHUN 2020. 29/6/2020

Humas dan Protokol: Kolaka- Pertemuan Lintas Sektor dalam rangka rembuk stunting (Aksi Integrasi 3) dalam program pencegahan dan percepatan penurunan penanganan stunting tingkat Kabupaten Kolaka tahun 2020 yang di selenggarakan di Hotel Sutan Raja Kolaka, Senin (29/6/2020).

Kegiatan tersebut di buka secara langsung oleh Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH., MH dan turut hadir Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Muh Bakri,SH.,MH, Ketua Tim Penggerak PKK yang diwakili oleh Ibu Ende Jayadin, Kepala SKPD, para Camat, Kepala Puskesmas serta Kepala Desa.

Dalam sambutan yang disampaikan Oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kolaka Drs. Harus Masirri, A.Pt., M.Kes mengatakan, rembuk stunting adalah bagian dan 8 aksi integrasi interfensi penurunan stunting. Rembuk stunting adalah aksi 3 yang merupakan salah satu langkah yang penting yang harus di lakukan oleh pemerintah kabupaten.

Adapun tujuan di laksanakan rembuk stunting ini ialah untuk memastikan pelaksanaan kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting yang di lakukan secara bersama-sama dengan OPD,
Penanggung jawab layanan dengan sektor lembaga non pemerintah dan masyarakat.

Pelaksanaan ini juga di laksanakan sesi tanya jawab dengan narasumber dari kepala badan perencanaan dan anggaran (Bappeda) Kab. Kolaka yang mana dalam kagiatan ini dapat menghasilkan komitmen penurunan stunting yang akan di tanda tangani oleh Bupati Kolaka dan Perwakilan OPD, DPRD, CAMAT serta Kepala Desa. Dengan adanya rencana intervensi terintegrasi percepatan penurunan stunting yang disepakati untuk dimuat dalam RKPJ dan renja OP tahun berikutnya.

Bupati Kolaka juga menyampaikan, dalam pencegahan dan penurunan stunting ini merupakan program nasional. Kabupaten Kolaka telah menjadi lokasi pencegahan dan penurunan stunting dari 240 Kab/Kota Se Indonesia.

Pada tanggal 3 juli 2019 telah di lakukan penanda tanganan komitmen dengan pemerintah pusat tentang percepatan pencegahan anak kerdil dan pada tahun 2019 Kabupaten Kolaka telah meraih sebagai Kabupaten sehat dengan predikat PADAPA. Stunting merupakan salah satu indikator mengukur Kabupaten SEHAT. Semoga dengan kerja sama yang baik kita dapat mempertahankan Kabupaten Kolaka sebagai Kabupaten yang sehat.

Sumber: Humas protokol Kolaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *