PERTEMUAN LINTAS SEKTOR DALAM RANGKA REMBUK STUNTING (AKSI 3) PROGRAM PERCEPATAN PENCEGAHAN DAN PENURUNAN STUNTING KAB.KOLAKA TAHUN 2021

Humas dan Protokol: Kolaka- Pelaksanaan rembuk stunting ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH., MH, turut hadir pada acara ini Ketua DPRD Kolaka Ir. Syaifullah Halik, Sekretaris Daerah Kolaka Drs.H. Poitu Murtopo, M.Si, Kepala Bappeda H. Sjamsul Kadar, SE., M.Si yang juga sebagai Ketua Tim Koordinasi Stunting, Kadis Kesehatan Drs. Harun Masirri, Apt., M.Kes, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa, Lurah, Kepala Puskesmas, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya yang dilaksanakan di Hotel Sutan Raja Kolaka, Rabu (31/3/2021).

Dalam laporannya Ketua Tim Koordinasi Daerah menyampaikan, pencegahan dan penurunan stunting merupakan program nasional dan telah diimplementasikan RPJMN dan RPJMD untuk tahun 2019 – 2024. Pencegahan dan penurunan stunting telah melakukan rapat koordinasi aksi 1 dan aksi 2, dan ditindak lanjuti melalui program konvergensi lintas SKPD, pembinaan dan pencegahan stunting di daerah yang sebelumnya 33 desa diperluas lagi menjadi 65 desa dengan jumlah kegiatan konvergensi lintas SKPD sebanyak 156 kegiatan. Kabupaten kolaka pada tahun 2019 masih berada pada katagori ringan karena di bawa 20%.

Sementara itu Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH., MH menjelaskan, pelaksanaan rembuk stunting yang kita laksanakan saat ini, nantinya juga akan dilaksanakan penanda tanganan komitmen bersama penanganan dan penurunan stunting yang mana komitmen ini tidak hanya menjadi acara seremonial, tetapi juga mampu menghasilkan solusi dengan tekat yang kuat dalam pencegahan dan penurunan stunting.

“Oleh karena itu diharapkan kepada semua komponen masyarakat untuk selalu membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat serta perilaku mengkonsumsi gizi seimbang”,ungkapnya.

Pada kegiatan ini dilaksanakan pula pemberian penghargaan oleh Bupati Kolaka kepada 2 (dua) orang Kepala Desa Fokus yaitu Kepala Desa Oko Oko dan Tambea yang dianggap berinovatif dalam pencegahan dan penurunan stunting tahun 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *