PERINGATAN HARI KONSUMEN NASIONAL TAHUN 2020 MELALUI VIDEO CONFERENCE DI DISKOMINFO PEMDA KOLAKA 12/11/2020

Humas dan Protokol: Kolaka- Asisten II bidang perekonomian dan pembangunan setda Kab. Kolaka Mustajab, SE., M. Si mengikuti acara Video Conference Peringatan Hari Konsumen Nasional Tahun 2020 dengan tema “Perlindungan Konsumen Untuk Indonesia Maju” bertempat di Command Center Diskominfo Pemda kolaka, Kamis (12/11/2020).

Hadir dalam vidcon ini Kepala Bappeda H. Syamsul Kadir, SE., M. Si, Kepala Bidang Perdagangan, Kadis Perindag dan Sekertaris Perindag, Kepala OPD terkait serta hadirin lainnya.

Provinsi Sulawesi Tenggara kembali meraih penghargaan dari Kementerian Perdagangan sebagai salah satu provinsi terbaik peduli perlindungan konsumen tahun 2019. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto, saat acara puncak peringatan harkonas yang berlangsung di Transmart Cibubur, Jawa Barat.

Selain Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, penghargaan tersebut juga berhasil diraih oleh Provinsi Aceh, Sumatra Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Dan Kepulauan Bangka Belitung. Enam dari provinsi tersebut terpilih sebagai provinsi terbaik peduli perlindungan konsumen setelah mendapatkan penilaian dan verifikasi langsung oleh Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Republik Indonesia Agus Suparmanto dalam sambutannya menyampaikan, peringatan hari konsumen nasional pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang mana peringatan harkonas tahun ini memanfaatkan teknologi inovasi dan kreativitas, memanfaatkan teknologi informasi memberi ruang bagi pedagang-pedagang untuk melaksanakannya. Peringatan harkonas tahun 2020 ini disyaratkan bahwa pemerintah peduli dengan perlindungan konsumen.

“Tingginya kontribusi konsumen terhadap perekonomian menjadi tanggung jawab yang besar bagi pemerintah untuk terus berupaya melindungi hak-hak konsumen. UU perlindungan konsumen setidaknya menyebutkan ada 9 hak konsumen termasuk diantaranya konsumen yang berhak mendapatkan informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi jaminan barang dan jasa, serta hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang atau Jasa yang digunakan,” katanya.

Menteri Perdagangan RI juga berharap, untuk kedepannya indeks pemberdayaan konsumen terus meningkat menjadi level tripis dan pada akhirnya menjadi berdaya. Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia, marilah kita menjadi konsumen Indonesia yang berdaya, dan mencintai produktif dalam negeri untuk kesejahteraan masyarakat serta menciptakan iklim usaha dan hubungan yang lebih berkeadilan antara pelaku dan konsumen dalam mewujudkan perekonomian berdaya saing menuju Indonesia maju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *