PENGAMBILAN SUMPAH JANJI PEGAWAI NEGERI SIPIL LINGKUP PEMERINTAH DAERAH KAB.KOLAKA TAHUN 2020. 13/5/2020

Humas Dan Protokol: Kolaka- Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Tahun 2020 yang dilaksanakan di Aula Sasana Praja Pemda Kolaka, Rabu (13/5/2020).

Kegiatan ini di hadiri oleh Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH., MH, Wakil Bupati Kolaka H. Muh. Jayadin, SE., ME, Sekertaris Daerah Drs. H. Poitu Murtopo, M.Si, Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. Wardi serta Kepala OPD yang terkait.

Kepala BKPSDM Hj. Andi Tenri Gau, SE., MM menyampaikan tujuan dari pelaksanaan ini untuk mengingatkan kepada ASN tentang kesetiaan dan ketaatan kepada pancasila, bertanggung jawab dalam tugas dan mendorong terciptanya good governance.

Pengambilan sumpah janji PNS yang berjumlah 137 orang, yang mana dalam pengambilan sumpah dan janjinya terbagi atas tiga tahap, yaitu tahap pertama pagi sebanyak 46 orang, tahap kedua jam 11.00 sebanyak 46 orang dan tahap ketiga jam 14.00 sebanyak 45 orang. Secara keseluruhan jumlah CPNS yang di angkat menjadi pegawai negeri sipil di lingkup pemda kolaka terhitung mulai tanggal 1 maret 2020 yang terdiri dari tenaga kesehatan 68 orang, yang terdiri dari 10 orang dokter, 8 orang apoteker, 15 perawat dan 35 tenaga kesehatan lainnya. Sementara untuk tenaga guru sebanyak 37 orang yang terdiri dari 23 orang guru SD dan 14 orang guru SMP sedangkan untuk tenaga teknis sebanyak 32 orang yang tersebar di SKPD lingkup pemda kolaka.

Adapun jenjang kepangkatan atau golongan yang akan mengucapkan sumpah dan janji hari ini masing-masing terdiri dari : 34 orang berpangkat pengatur/golongan II/C. 85 orang berpangkat penata muda golongan III/a dan 18 orang berpangkat penata muda TK.l. golongan III/b.

Kewajiban mengucapkan sumpah dan janji CPNS ketika akan di angkat menjadi PNS merupakan ketentuan undang-undang nomor 5 pasal 66 ayat (1) tahun 2014, bahwa setiap calon PNS pada saat di angkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/janji. Hal ini di sampaikan oleh bupati kolaka pada acara pengambilan sumpah dan janji calon pegawai negeri sipil menjadi PNS. Menjadi PNS di masa sekarang ini kita harus memiliki kemampuan belajar dan pengembangan diri, karena kita ketahui bersama dengan sistem rekruitmen saat ini dengan mengutakan kualifikasi dan penguasaan kompetensi, menjadikan profesi pegawai negeri sipil tidak mudah untuk di raih.

Dalam sambutannya bupati kolaka menyampaikan, kepada ASN yang telah di ambil sumpahnya untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan penularan covid-19. Dengan memberikan contoh dan teladan yang baik khususnya dalam penerapan social/physical distancing, selalu memakai masker serta mendengarkan arahan dan himbauan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Kami juga mengucapkan selamat menjalankan tugas kepada seluruh ASN yang sudah diambil sumpahnya, semoga berkah di bulan ramadhan dan menambah semangat dalam menjalankan tugas dalam amanah yang telah di berikan.

Dalam hal ini pula wakil bupati kolaka H. Muh. Jayadin, SE., ME mengambil sumpah/janji ASN yang berjumlah 45 orang. Dalam arahan wakil bupati kolaka juga tidak terlepas dari kinerja ASN bagaimana kita membangun citra positif ASN dan menunjukkan figur ASN yang profesional. Oleh karena itu di harapkan peran aktif kepada semua ASN yang baru dilantik dan diambil sumpahnya untuk bisa membantu pemerintah dalam penangan covid-19 ini, sehingga covid-19 ini cepat berlalu dan kita dapat beraktifitas kembali seperti biasa.

Sumber: Humas Protokol Kolaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *