PENANDATANGANAN KERJA SAMA DALAM RANGKA KEMITRAAN PMA/PMDN DENGAN UMKM DI COMMAND CENTER PEMKAB KOLAKA

Humas dan Protokol: Kolaka- Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Kolaka Mustajab, SE., M. Si yang dalam hal ini mewakili Bupati Kolaka menghadiri Penandatanganan Kerja sama Kemitraan Antar perusahaan Pemahaman Modal Asing (PMA) /Pemahaman Modal Luar Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara virtual melalui video conference di Command Center Diskominfo Pemda Kolaka, Senin (18/01/2021). Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dari Istana Negara.

Turut hadir mendampingi asisten II Kadis Koperasi dan UMKM I Nyoman Swastika, dan Kabid Koperasi Suyanti Suaib, SE., M.Si .

Dalam arahannya Presiden RI Ir. Joko Widodo menyampaikan, Undang-Undang Cipta Kerja telah di Undangkan. Dan peraturan turunannya juga akan segera diterbitkan. “Sudah ada yang selesai, dan yang lainnya akan segera menyusul. Untuk terus meningkatkan kemudahan berusaha. Kemitraan strategi antara perusahaan besar dengan UMKM akan terus kita kembangkan dengan prinsip saling menguntungkan dan meningkatkan daya saing pasar global,”tuturnya.

Kemitraan PMA/PMDN dengan UMKM sangat penting dan saling menguntungkan dengan tujuan untuk memajukan pertumbuhan ekonomi yang global dan menghasilkan produk yang lebih baik.

Presiden Joko Widodo juga mengutarakan, Kemitraan UMKM dengan Pengusaha besar sangat penting agar UMKM bisa masuk dalam rantai pasok produksi global/global value chain. “Agar peluang UMKM kita bisa naik kelas, yang kecil naik kelas ke menengah dan yang menengah kita harapkan bisa naik kelas yang lebih besar lagi,”ungkapnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengusaha UMKM agar lebih kompetitif yakni kualitas produknya dapat menjadi lebih baik, desainnya dan manajemennya menjadi lebih baik menuju pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *