PELATIHAN PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN RESPONSIF GENDER (PPRG) DI KAB. KOLAKA

Humas dan Protokol: Kolaka- Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Drs.H. Muh. Bakri, SH., MH membuka secara resmi acara pelatihan perencanaan dan penganggaran responsif gender di Kabupaten Kolaka yang diselenggarakan oleh dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kab. Kolaka di Aula Sasana Praja Pemda Kolaka, Rabu (23/12/2020).

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Kolaka Hj. Andi Wahidah, S. Pd., MM bersama Sekdis PPPA, Ibu Narasumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Sultra, Sekertaris Dinas / Badan Lingkup Pemda Kolaka, serta para peserta pelatihan lainnya.

Dalam sambutannya Asisten I bidang pemerintahan dan kesra menyampaikan, kami selaku pemerintah daerah menyambut gembira dan mengapresiasi kepada dinas PP dan PA Kab. Kolaka sebagai pihak penyelenggara yang selalu optimis dan antusias dalam melaksanakan kegiatan ini ditengah situasi pandemi covid-19, namun juga tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka tentunya sudah berkomitmen penuh untuk mendukung pelaksanaan PUG (pengarusutamaan gender) dalam pembangunan daerah salah satu wujud keseriusan pemda Kolaka untuk dapat mengimplementasikan PUG dalam pembangunan daerah yang dikuatkan melalui peraturan daerah Nomor 2 tahun 2016 Kabupaten Kolaka tentang penyelenggaraan pengarustamaan gender (PUG) sebagai prasyarat awal untuk pelaksanaan PUG”,tuturnya.

Perencanaan dan penganggaran responsif gender (PPRG) merupakan perencanaan yang disusun dengan mempertimbangkan empat aspek yaitu akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat yang dilakukan secara setara antara perempuan dan laki-laki. Hal ini berarti bahwa perencanaan dan penganggaran tersebut mempertimbangkan aspirasi, kebutuhan dan permasalahan pihak perempuan dan laki-laki.

Pada kesempatan ini pula asisten I juga menyampaikan, bagi para peserta yang mengikuti kegiatan ini untuk lebih berperan aktif untuk mendorong kemajuan pelaksanaan penyelenggara PUG di Kab. Kolaka.

“Besar harapan saya kepada para peserta pertemuan untuk memiliki komitmen dan keseriusan dalam pelaksanaan PUG di Kab. Kolaka dan patut untuk diingat bahwa yang menjadi point penting untuk menjadi catatan semua pihak adalah bahwa percepatan pelaksanaan PUG tidak akan berjalan optimal tanpa adanya komitmen dan kolaborasi dari semua elemen yang ada terutama kita sebagai perangkat daerah”,harap asisten I bidang pemerintahan dan kesra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *