MUSREMBANG KECAMATAN DALAM RANGKA PENYUSUNAN RKPD KAB.KOLAKA TAHUN 2022 DI KEC.TOARI KABUPATEN KOLAKA

Humas dan Protokol: Kolaka- Wakil Bupati Kolaka H. Muh. Jayadin, SE., ME membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) pertama tingkat kecamatan
dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kab. Kolaka tahun 2022 dengan tema “Pemantapan Kualitas Pembangunan dan SDM Untuk Meningkatkan Nilai Tambah Potensi Daerah”, yang bertempat di Kecamatan Toari, Senin (1/2/2021).

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Kolaka Asisten lll bidang Administrasi Umum Setda Kab. Kolaka Drs. Wardi, M. Si, Kepala Bappeda H. Syamsul Kadar, SE., M. Si, Kepala BPMD, Camat Toari, Kapolsek Watubangga dan turut hadir seluruh kepala SKPD terkait serta lurah dan kepala desa dan masyarakat Kecamatan Toari.

Kepala Bappeda H. Syamsul Kadar, SE., M. Si dalam arahannya menyampaikan, tugas kami ialah untuk menyederhanakan mulai dari perencanaan, evaluasi dan pelaporan. Inilah yang menjadi tugas kami setiap tahunnya untuk melaksanakan sistem perencanaan yang sistematis untuk pelaksanaan kegiatan yang selalu didasari oleh sebuah aturan UUD No 25 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, UUD No 23 tentang pemerintahan daerah yang dilaksanakan selama ini.

Dalam hal ini Wakil Bupati Kolaka juga menjelaskan, bahwa musrenbang di Kecamatan Toari ini semua tugas dan kewajiban kita selaku pemerintah dalam melaksanakan pembangunan daerah Kab. Kolaka semua sudah terinput dalam sistem SIPD dan semua usulan sebelum masuk di sistem SIPD harus betul-betul kita saring, utamanya dari teman-teman masyarakat yang berada di desa dan kelurahan, apa yang menjadi skala prioritas dan menjadi pedoman camat, lurah dan kepala desa dalam memasukan usulan tahun ini yang harus menjadi perhatian kita memasukan usulan sebelum masuk ke penginputan SIPD dan menjadi RKPD tahun 2020 yaitu infrastruktur dan kewilayahan, perekonomian dan sumber daya alam.

“Saya pertegas lagi di Permendagri No 70 yang menjadi acuan kita sangat jelas apapun yang sudah tercatat dan terinput dalam SIPD itu tidak bisa lagi dirubah dan itu sudah permanen menjadi rencana kerja pemerintah daerah tahun 2020. Jadi apa yang sudah ibu bapak sampaikan melalui musrenbang desa dan kelurahan, pada hari ini musrenbang kecamatan dan kemudian akan diinput dalam SIPD tolong jangan dirubah lagi ketika anggota DPRD sudah turun reses, karna apa yang sudah terinput tidak akan bisa dirubah dan itulah aturan Permendagri No 70,”tuturnya.

Diharapkan kepada kepala desa, kepala BPD dan Kelurahan ketika menyusun untuk dimasukan di SIPD dengan benar yang menjadi kebutuhan masyarakat tepat sasaran dalam sembilan program pokok prioritas sms berjaya. Semua usulan masyarakat akan dilakukan kunjungan lapangan semua harus klik agar segera diinput untuk menjadi kegiatan skala prioritas dan ini semua nanti akan ada pengawasannya, dan auditnya apakah ini benar sesuai dari awal dan semua akan kita pertanggung jawabkan.

Di lanjutkan dengan penandatanganan berita acara hasil kesepakatan musrenbang Kec. Toari bersama dengan Camat Toari, Kepala Bappeda, Perwakilan SKPD, Perwakilan Kepala Desa, Kasi PMD Kec. Toari, dan disaksikan oleh Wakil Bupati dan Asisten lll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *