BUPATI KOLAKA H. AHMAD SAFEI, SH.MH DAN WAKIL BUPATI KOLAKA MUH. JAYADIN, SE. ME BERSAMA IBU MENGHADIRI ACARA PESTA ADAT MOSEHE DIMAKAM RAJA MEKONGGA SANGIA NIBANDERA DIDESA TIKONU KEC.WUNDULAKO, KAB.KOLAKA 26/2/2019

Prosesi Mosehe pesta adat mekongga di Makam Sangia Nibandera di desa Tikonu, Kec. Wundulako, Kab.Kolaka. 26/2/2019.(Dok. Humas dan Protokol Kolaka)

Humas dan Protokol: Kolaka- Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH. MH dan Wakil Bupati Kolaka H. Muh. Jayadin, SE
ME. (Masing Masing Bersama Ibu) Saat Menghadiri Acara Pesta Adat Mosehe Serangkaian Menyambut Peringatan HUT Ke- 59 Kab. Kolaka tahun 2019 Yang Berlangsung di Makam Raja Mekongga Sangia Nibandera Kelurahan Tikonu Kec Wundulako Kab Kolaka 26/2 /2019.

Hadir di acara tersebut Pimpinan dan Anggota DPRD, Forkopimda, Ka OPD dan Pejabat Pemda Kolaka, Camat Serta Sejumlah Tokoh serta Masyarakat Setempat.

Acara Mosehe ditandai dengan Penyembelihan Seekor Kerbau Warna Putih Oleh Sesepuh Adat Mekongga dan Penyerahan Buku Saku oleh Bupati Kolaka H. Ahmad Safei Kepada Para Tolea.

Sehubungan dengan pesta adat mosehe sebagai tradisi leluhur masyarakat mekongga berupa upacara pensucian negeri dan ungkapan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa atas terlaksanya pembangunan dikabupaten Kolaka dengan aman dan tentram dan damai

Bupati Kolaka H Ahmad Safei, SH. MH pd Kesempatan itu mengatakan Penyelenggaraan Pesta adat Mekongga Mosehe dapat bermakna bahwa Masyarakat Mekongga masih menghargai Eksistensi Budayanya yang telah diciptakan secara turun temurun di wonua Sorume Mekongga Tercinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *