BIMTEK PENERAPAN MANAJEMEN RESIKO SEKTOR PENDAPATAN DAERAH PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH KAB. KOLAKA DAN OPD TERKAIT.

Humas dan Protokol: Kolaka- Dalam rangka kunjungan Tim BPKP-RI yang dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara terkait Pembahasan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Manajemen Resiko dan Optimalisasi Pendapatan Daerah. Maka dari itu, dilaksanakan Bimtek Penerapan Manajemen Resiko Sektor Pendapatan Daerah Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kolaka dan OPD Terkait yang dibuka secara langsung oleh Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH., MH di Aula Sasana Praja Pemda Kolaka, Selasa (16/3/2021).

Turut hadir dalam kegiatan ini Inspektur Kab. Kolaka bapak Mujahidin, Kepala Bappenda Kolaka bapak Ramli Sima, SH, ibu Nani Ulina Kartika Nasution, SE, M. Ak, CA, CRMP, CIPSAS selaku Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara bersama tim, Serta SKPD/OPD terkait lingkup Pemerintah Daerah Kab. Kolaka.

Bupati Kolaka dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Kolaka merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Tenggara dengan luas wilayah daratan 3.283.64 Km² dan luas perairan laut 15.000 Km² dengan panjang garis pantai 293,45 Km yang terdiri dari 12 kecamatan tentu ini adalah potensi yang sangat besar dan baik untuk mengembangkan potensi yang ada di Kab. Kolaka.

“Untuk itu, perlu mengoptimalkan pengelolaan sumber-sumber potensi yang ada sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah,”ujarnya.

Disisi lain dalam pengelolaan potensi tersebut juga perlu memperhatikan beberapa hal penting terutama penerapan manajemen resiko dengan baik dan benar karena tujuan manajemen resiko ini adalah untuk memastikan resiko yang dihadapi dapat dikelola dengan efektif, efisien, dan bersifat komprehensif agar visi, misi dan sasaran organisasi dapat tercapai dan sesuai dengan prinsip manajemen resiko.

Namun demikian Bupati Kolaka menyadari bahwa penerapan manajemen resiko ini masih terasa kurang, maka dari itu atas nama pemerintah daerah tetap mengharapkan bimbingan dan arahan BPKP-RI Provinsi Sultra khususnya terkait dengan bimbingan teknis dalam penerapan manajanen resiko pada OPD terkait terutama pada sektor pendapatan daerah.

Dilanjutkan dengan penyerahan Plakat dari Bupati Kolaka Kepada Kepala Perwakilan BPKP-RI Provinsi Sultra, dan juga penyerahan piagam penghargaan atas Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Level 3 dari BPKP-RI Provinsi Sultra kepada Inspektur Kab. Kolaka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *