ADVOKASI DAN FASILITASI PENGARUSUTAMAAN GENDER (PUG) BAGI PEREMPUAN KAB.KOLAKA DI RUANG SMS BERJAYA PEMKAB KOLAKA 13/10/2020

Humas dan Protokol: Kolaka- Sekertaris Daerah Kab. Kolaka Drs. H. Poitu Murtopo, M.Si membuka kegiatan Advokasi dan Fasilitas Pengarusutamaan Gender (PUG) Bagi Perempuan Kabupaten Kolaka yang dilaksanakan di Ruang Sms Berjaya, Selasa (13/10/2020).

Turut hadir pada kegiatan ini Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hj. Andi wahidah, S.Pd, MM, Kabid Pemerintahan dan Pembangunan, yang mewakili Bappeda sekaligus Narasumber Ir. Indra Harahap, M.Si, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dr. Muliati, Para Sekdis Terkait, Camat Se Kabupaten Kolaka, LSM Kemasyarakatan, serta hadirin lainnya.

Dalam sambutannya Sekda Kab. Kolaka mengapresiasi kegiatan ini karena kegiatan ini adalah salah satu bentuk dan upaya keseriuasan mempercepat strategi pengarustamaan gender dikolaka yang pada akhirnya dapat menikmati dan memanfaatkan pembangunan secara adil dan merata. Gender adalah salah satu isu utama dalam pembangunanan khususnya pembangunan sumber daya manusia dan penguatan kapasitas kelembagaan dan saat ini Kab. Kolaka sudah berkomitmen mendukung pelaksanaan kegiatan ini dalam pembangunanan daerah untuk di implementasikan dalam pembangunan daerah melalui peraturan daerah no 2 thn 2016 tentang pengarusutamaan gender sebagai prasyarat awal untuk pelaksanaan kesamaan gender, ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah.

Ada tujuh hal yang perlu kita pandang dari awal pelaksanaan kegiatan ini yang pertama komitmen, kebijakan dan program, kelembagaan, sumber daya manusia dan alam, data terpilih, tours panduan moral informasi dan elektronik, jaring atau dispoking.

Pengarusutamaan gender ialah pelaksanaan seluruh kegiatan mulai dari perencanaan sampai pada evaluasinya melibatkan perempuan jadi tidak ada lagi sekat perempuan dan laki-laki dalam segala hal sifatnya teknis jadi perempuan juga bisa. “Saya juga berharap semua yang hadir pada kegiatan ini dapat berperan aktif dan mendorong kemajuan pelaksanaan penyelenggaraan forum pengarusutamaan gender besar harapan saya kepada kita semua yang hadir untuk berkomitmen dan keseriusan berperan di kegiatan ini di masyarakat”, tandasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *